Hal-hal yang Biasanya Menyebabkan Bisnis Online Bangkrut

Membangun sebuah bisnis dengan basis online memang sedang banyak dilakukan pada saat ini. Bisnis online juga mempunyai kelebihan dapat memasarkan produk atau jasa secara lebih luas dan lebih tertarget. Meski begitu, ternyata tidak selalu bisnis online akan selalu sukses. Ada beberapa penyebab mengapa bisnis online bangkrut. Apa saja penyebabnya? Ikuti terus pembahasannya di bawah ini. 

Penyebab Bisnis Online Bangkrut 

Banyak sekali hal sederhana yang ternyata dapat menyebabkan bisnis online bangkrut. Di mana tentu saja, pelaku bisnis jarang sekali memperhatikan hal-hal tersebut. Berikut ini adalah penyebab mengapa bisnis online bangkrut: 

  • Tidak adanya fokus produk 

Penyebab pertama kenapa bisnis online yang dijalankan bangkrut adalah karena tidak adanya fokus produk yang dijual. Semisalnya adalah dengan menjual beberapa produk yang tidak mempunyai hubungan satu sama lain. Hal ini akan menyebabkan konsumen tidak dapat mengingat toko Anda karena tidak adanya ciri khas. 

Selain itu, konsumen juga akan menilai bahwa Anda tidak mempunyai kredibilitas yang baik. Maka daripada itu, kebanyakan pelaku bisnis online selalu fokus untuk satu produk dan memasarkannya secara terus menerus. 

  • Website tidak menarik 

Penyebab lain mengapa bisnis online juga tidak menarik adalah dari website yang tidak menarik. Website disini diibaratkan sebagai toko Anda, jika tidak didesain dengan menarik, maka pengunjung tidak akan datang lagi untuk melihat produk yang dijual. Anda harus dapat membuat website yang ramah juga, semisalnya dari kecepatan loadingnya. 

Selain itu, Anda juga harus membuat website untuk dapat mudah dimengerti, seperti bagaimana cara melakukan pembayaran, keamanan dan katalog produk yang dipasarkan. Setiap barang pun juga harus diberikan deskripsi yang tepat, sehingga calon konsumen dapat lebih mengerti tentang produk yang dijual. 

  • Tidak ada keunikan 

Tingkat persaingan yang tinggi seperti sekarang ini membuat banyak pengusaha yang menciptakan produk unik yang menarik. Apabila produk Anda tidak mempunyai keunikan, maka sudah dapat dipastikan tidak mempunyai keunikan yang menarik perhatian. Walaupun menjual produk yang sama, tapi biasanya setiap produk mempunyai keunikan. 

Hal tersebutlah yang harus dioptimalkan, sehingga masyarakat dapat lebih mengenal tentang produk yang dijual. Contoh paling gampang adalah jika Anda menjual sepatu, maka harus menampilkan produk unik. Semisalnya produk sepatu yang dijual dapat di custom atau pun menggunakan bahan ramah lingkungan dan lain sebagainya. 

  • Buruknya manajemen keuangan 

Dalam bisnis, manajemen keuangan adalah kunci sukses yang harus dimiliki. Bisnis online yang tidak mempunyai manajemen keuangan yang baik sudah pasti akan gagal. Mengapa demikian? Karena tidak adanya pengelolaan yang tepat, sehingga bisa saja hasil keuntungan tidak digunakan untuk mendukung perkembangan bisnis, tapi malah digunakan urusan pribadi. 

Hal tersebut sangatlah fatal sekali dan harus sebisa mungkin dihindari oleh Anda sebagai pemilik bisnis online. Hal paling mudah untuk mengatur keuangan adalah dengan mencatat seluruh stock barang, memisahkan uang modal dan untung serta hitung pengeluaran dan pemasukan secara terperinci.

  • Tidak berinovasi 

Inovasi sendiri juga perlu sekali diperlukan, baik itu dari produk, pelayanan hingga marketing. Tidak ada inovasi maka sudah jelas calon konsumen tidak akan tertarik dengan produk apa yang Anda jual. Ini akan menyebabkan bisnis online akan cepat bangkrut. Inovasi sendiri sangat diperlukan agar dapat bersaing dengan kompetitor lain yang menjual produk yang sama. 

Untuk dapat terus berinovasi, maka Anda harus dapat melakukan survey, riset, control kualitas produk serta layanan dan selalu menelurkan ide-ide yang out of the box agar dapat membuat produk dapat semakin menarik di pasaran. 

  • Tidak ada pengetahuan akan bisnis online 

Tidak masalah sebenarnya memulai bisnis online ini tanpa mengetahui apapun, tapi ini akan menyulitkan diri Anda untuk berkembang. Bisnis online membutuhkan banyak sekali perangkat seperti dari website, teknik SEO dan lain sebagainya. Jika Anda tidak mempunyai dasar terhadap hal tersebut, maka sudah dapat dipastikan bisnis online akan cepat bangkrut. 

Cara yang paling disarankan untuk menghindari hal ini adalah dengan mencari tahu lebih jauh tentang dasar berbisnis online sebelumnya dan mempraktekan apa yang sudah Anda pelajari secepatnya. 

Tapi, jika memang sudah berjalan pun tidak boleh Anda berhenti belajar. Anda harus tetap memperbaharui ilmu dalam bisnis online, karena bisnis dengan basis ini akan terus berkembang mengikuti zaman. 

  • Memiliki mental serba gratis 

Jauhkan pikiran bisa sukses dengan mental yang ingin serba gratis. Tidak ada bisnis yang tidak membutuhkan modal, seluruhnya pasti membutuhkan modal. Apabila Anda mempertahankan mental ini, maka 100% bisnis Anda akan gagal. 

Itulah beberapa penyebab bisnis online bangkrut, di mana dengan menghindari seluruh poin tersebut, maka Anda dapat mengembangkan bisnis lebih jauh. Hal paling penting lainnya adalah jangan pernah menyerah.

Bagikan artikel ini