Ide bisnis online yang cocok untuk dijalankan saat musim hujan dan banjir

Saat ini sudah mulai masuk pada musim hujan, dimana biasanya akan berlangsung hingga menjelang pertengahan tahun. Di musim-musim seperti ini banyak juga yang menjadikannya sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa juga melakukan hal tersebut guna menambah pemasukkan.

Peluang usaha di musim hujan

Walau kadang saat musim hujan datang, banyak diantara kita yang mengeluh dikarenakan aktivitas yang terhambat tetapi bagaimanapun juga manusia tidak dapat menolak. Karena bila ada yang merasa dirugikan, ada pula yang mendapatkan berkahnya. Karena banyak juga yang memanfaatkannya untuk mencari rezeki lebih, mungkin anda adalah salah satunya. 

Bila memang tertarik, berikut ini beberapa ide usaha yang bisa anda lakukan :

1. Makanan hangat 

Ketika hujan mulai turun, hal pertama yang terlintas pastinya makanan berkuah yang hangat. Mengapa tidak anda memanfaatkannya untuk bisa menghasilkan cuan dan menambah jumlah uang di dalam rekening.

Anda bisa membuka usaha makanan hangat, seperti menjual mie instan, soto atau makanan berkuah hangat lainnya. Untuk awalnya mungkin anda dapat menawarkannya kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu, misalnya teman atau saudara.

Usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar dan tidak harus memiliki warung atau toko. Jual secara online melalui whatsapp, facebook dan bermitra dengan ojek online.

2. Jas hujan

Untuk yang satu memang kurang familiar, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Apalagi jas hujan pasti akan sangat dibutuhkan pada musim hujan dan jelas ini merupakan peluang anda untuk bisa mendapatkan uang lebih.

Seperti yang anda tahu bila jas hujan memiliki beberapa model, ada yang sepasang, poncho (kelelawar), ada juga yang beberapa waktu lalu sempat viral yaitu model syar’i. Anda dapat mencoba menjual model tersebut dan memasarkan melalui media sosial atau membuka toko kecil di rumah.

3. Reseller minuman sehat dan hangat

Jika berbicara tentang minuman hangat, tentu yang terbayang adalah kopi atau teh, namun sebenarnya ada banyak sekali minuman hangat yang pastinya lebih sehat. Contohnya seperti minuman jahe, jamu-jamuan dan masih banyak lagi.

Anda dapat menjadi reseller untuk menjual minuman jenis ini, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal karena tugas reseller hanya mempromosikan dan menjual barang milik orang lain.

Saat ini minuman hangat dan sehat sedang sangat digemari oleh banyak orang, karena itu ambilah peluang ini sebagai kesempatan menambah penghasilan Anda. Lagipula, tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga bisa menambah imun tubuh dan menjaga kesehatan.

4. Sepatu tahan air

Untuk Anda yang selalu beraktivitas dengan motor atau menggunakan kendaraan umum akan merasa kesal bila hujan turun tiba-tiba dan membuat sepatu basah, hal tersebut tentu akan mengganggu kegiatan.

Selain itu, kelembaban tersebut juga bisa berdampak buruk untuk kaki Anda. Misalnya seperti kutu air dan penyakit kulit lainnya. Karenanya membuka usaha sepatu anti air adalah pilihan yang tepat.

Usaha ini pasti akan memiliki banyak peminat, karena banyak orang yang memang memerlukan sepatu anti air agar bisa melindungi kaki mereka dari air hujan dan banjir sehingga membuat mereka menjadi lebih nyaman ketika beraktivitas.

Tips membuka usaha 

Setiap orang yang mau memulai atau sudah memulai bisnisnya tentu akan mendapatkan banyak rintangan dan tantangan. Ketika seorang pebisnis mampu melewatinya maka akan menjadi sosok yang kuat. Berikut ini adalah tips agar Anda bisa sukses dalam berbisnis.

1. Buatlah rencana bisnis

Rencanakan bisnis Anda sebaik mungkin, karena tanpa adanya perencanaan maka bisnis Anda tidak akan berjalan dengan lancar. Bahkan banyak yang bilang, bila rencana bisnis adalah bagaimana Anda akan bisa melihat masa depan dari usaha tersebut.

2. Buatlah rencana keuangan

Ketika Anda memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, walau hanya usaha kecil sekalipun. Anda tetap harus membuat sebuah perencanaan keuangan. Akan digunakan untuk apa sajakah modal tersebut, misalnya membeli bahan baku, peralatan dan lain sebagainya. Buatlah rencana pengeluaran kasar terlebih dahulu, masukan hal-hal penting dan yang menjadi kebutuhan utama dari bisnis Anda.

3. Siapkan lokasi usaha

Mempersiapkan tempat untuk usaha merupakan salah satu hal penting. Bila ingin melakukannya di rumah juga sebenarnya tidak masalah, apalagi bila lokasi dari hunian Anda terbilang strategis.

Maka, Anda bisa memulai dari rumah saja. Bila tidak maka Anda dapat menyewa satu lokasi yang sekiranya berada di tempat strategis agar konsumen dapat menemukan toko Anda dengan mudah.

Demikianlah informasi mengenai ide usaha yang bisa anda jalankan di musim hujan. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan pelayanan terbaik untuk para konsumen, agar usaha tersebut tidak hanya laris di musim hujan. Namun, juga ramai di musim-musim yang lain.

Bagikan artikel ini