Kesalahan-kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Memutuskan Membuka Bisnis Online

Apa yang Anda inginkan untuk memulai bisnis online Anda? ingin memenuhi kebutuhan pasar bisnis Anda, mengejar tren, atau memperluas dan mendapatkan lebih banyak pelanggan? Sekarang memulai bisnis online dimulai dengan menulis apa kebutuhan bisnis Anda. bukan hanya dari ide bisnis online Anda atau dari perspektif produk yang Anda jual. Namun, penting untuk mengetahui bahwa bisnis online adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Terutama sekarang, semua orang secara aktif menggunakan internet. Anda dapat mendapatkan lebih mudah kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dari internet dan di mana saja. Namun, ada beberapa hal yang mungkin menjadi kesilapan langkah-langkah untuk melakukan bisnis secara online dengan mudah seperti yang Anda pikirkan. namun, mudah. walaupun kesilapan kecil, jika “mengecilkan” organ dalamnya, Anda bukan usahawan yang sukses. Dan sekarang adalah saatnya untuk mengetahui beberapa kesalahan kecil yang dapat Anda lakukan. Dan sekarang saatnya menemukan beberapa kesalahan yang dapat Anda gunakan sebagai pedoman yg harus Anda hindari saat memulai bisnis. 

1. Tidak ada rencana yang matang

Bisnis jenis apa yang akan berhasil jika tidak mempunyai rencana yang matang? Walaupun Anda masih melakukan bisnis online yang sangat kecil, tidak berarti bisnis Anda tak memiliki rencana yang matang. Untuk sebagian orang, mengaplikasikan rencana bisnis merupakan pekerjaan rumah tanpa ada habisnya. Namun bagaimanapun rencana rencana tersebut pasti membantu Anda mengoperasikan bisnis Anda.

2. Terlalu  fokus 

Bayangkan sebuah toko online yang menjual banyak produk. Bahkan jika Anda jual barang tersebut di pasar dengan banyaknya saingan lain yang mempunyai barang berbeda. Namun, bisnis online perlu fokus pada produk yang harus Anda jual. Jangan mencampur mode dan pakaian dengan obat-obatan dan makanan. Apalagi salah satu toko online adalah website,  media sosial, atau akun marketplace. Tentunya hal ini akan semakin membingungkan pelanggan Anda di marketplace online Anda.

3. Kurangnya motivasi 

Kata “Time is money” sering terdengar ketika mencoba memulai bisnis. Motivasi  tidak selalu tentang uang. Namun pada akhirnya, bisnis merupakan usaha dalam mendapatkan, membelanjakan, dan mempertaruhkan uang yang Anda miliki. Anda juga perlu mengetahui berapa banyak dana yang perlu Anda investasikan untuk memulai bisnis dan berapa jumlah yang perlu Anda hasilkan untuk  mencapai tujuan Anda dan menghasilkan keuntungan untuk bisnis Anda.

4. Tidak ada harga jual yang besar 

Jutaan akun toko online muncul di berbagai media sosial atau website online store. Mereka menggunakan internet sebagai media seperti Anda, bukan? Sekarang bayangkan banyak orang menjual secara online, ratusan, bahkan ribuan, menjual barang yang sama seperti Anda. Jadi apa yang membuat pembeli pergi ke toko Anda? Tentunya toko Anda harus mempunyai nilai jual yang lebih besar dibandingkan dengan toko online lainnya. Apakah Anda menjual produk atau jasa, bisnis Anda wajib mempunyai harga jual yang  lebih tinggi daripada yang lain.

5. Meremehkan layanan konsumen

Jangan abaikan layanan konsumen sedikit, terutama jika Anda seorang bisnis online. Mereka tidak bertemu konsumen mereka secara langsung,  hal itu menyebabkan pelanggan Anda tidak pernah kembali. Kekecewaan konsumen Anda mungkin berasal dari layanan Anda yang akan mengecewakan. Penting dalam memperhatikan layanan kami kepada pelanggan kami. 

6. Memberi informasi secara berlebihan dan tidak dapat apa-apa 

Ada saatnya jika ingin memenangkan hati pelanggan Anda dengan memberi mereka semua yang dimiliki bisnis Anda. Tetapi kembali ke prinsip saat berbisnis, Anda mau mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda, bukan? Jika demikian, apakah Anda bersedia memberikan semuanya dan tidak dapat apa-apa dari bisnis Anda? Jika Anda mau memberi, Anda dapat mencoba memberi mereka sesuatu yang bermanfaat bagi Anda dan  Anda. Seperti diskon setelah membeli sejumlah barang dagangan. Ini akan  membuat mereka lebih ingin dan Anda akan lebih menguntungkan.

7. Saya tidak menggunakan social media dengan baik 

Media sosial merupakan media yang bagus untuk mengembangkan kegiatan promosi usaha online. Dengan media sosial, Anda dapat mulai memperkenalkan merek Anda, menerima pelanggan Anda, dan berinteraksi dengan mereka. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram. Mereka tidak hanya dapat mempromosikan bisnis atau produk Anda, tetapi juga memberikan posting untuk mendidik mereka. Jangan bosan dengan pengikut 

8. Terburu buru rekrut karyawan 

Banyak pengusaha di tahap awal berwirausaha seringkali sudah mempunyai banyak pekerja atau karyawan. Hal ini tentu membantu untuk menjalankan bisnis Anda, tetapi pertama-tama apakah Anda perlu mengetahui apakah Anda memerlukannya, kapan 

Anda mulai membutuhkannya, dan seberapa banyak Anda membutuhkannya? Bisnis online sebuah startup tidak membutuhkan banyak karyawan. Anda juga dapat mengelolanya sendiri. Hal ini akan membantu menghemat biaya perekrutan karyawan.

Demikianlah beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat memutuskan membuka bisnis online.

Bagikan artikel ini