Keuntungan Membuka Toko Online di Era Digital 

Eksistensi toko offline semakin tergerus oleh hadirnya toko online. Apalagi perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat seluruh kegiatan menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Sama seperti namanya, yang dimaksud dari toko online yaitu kegiatan bisnis yang dilakukan dengan memanfaatkan komputerisasi dan teknologi. 

 

Sekarang ini, bisnis online pun telah lebih mudah dilakukan. Hanya bermodalkan internet dan smartphone, kamu sudah dapat menjalankan, mengatur dan memantau bisnis dari mana pun, dimana pun. Tanpa harus bertatap muka, kamu sudah bisa melakukan penjualan ke para pelanggan secara otomatis. Inilah yang membuat keuntungan toko online yang sangat utama. 

Keunggulan Berbisnis secara Online 

Sebetulnya, tujuan bisnis online ini hampir sama seperti bisnis konvensional alias offline, yakni menawarkan produk dan memperoleh untung. Tetapi, daripada dengan bisnis offline, menjalani bisnis secara online memiliki beberapa keunggulan lain, yakni: 

1. Proses operasional yang mudah 

Keunggulan bisnis online yang menjadikan bisnis ini disenangi yaitu proses operasionalnya yang sangat mudah daripada bisnis offline. Bahkan, membuka toko online saat ini tidak memerlukan banyak modal, cukup berbekal koneksi internet dan smartphone saja. Bisnis ini pun bisa dilakukan oleh seluruh kalangan, mulai dari remaja, dewasa sampai ibu rumah tangga. 

2. Jangkauannya sangat luas 

Keuntungan berikutnya yaitu jangkauan pasar yang pastinya lebih luas. Bahkan, kamu dapat memperoleh pelanggan dari kota lain tanpa adanya kendala jarak. Karena, seluruh pemasaran dan transaksi dilakukan secara online. 

Apabila memakai strategi pemasaran dengan tepat, bukannya tidak mungkin bisnismu dapat lebih luas jangkauannya, bukan hanya lingkup nasional, namun pula ke lingkup internasional. 

3. Tidak memerlukan modal yang besar 

Modal menjadi salah satu aspek penting yang ada saat kamu ingin memulai bisnis. Menariknya, modal yang dibutuhkan untuk membuka toko online ini tidak sebanyak ketika kamu membuka toko offline, yang menjadi keunggulan bisnis online lainnya. Bahkan, saat ini sudah terdapat sistem penjualan kembali atau reseller serta dropship yang mengeluarkan modal sangat minim. 

Dropship dan reseller menjadi peluang yang sangat menjanjikan guna seseorang yang hendak memperoleh pendapatan tetapi belum mempunyai banyak modal. Reseller akan menyediakan produk layaknya toko biasa. Tetapi, jumlahnya tidak banyak dan hanya untuk dijadikan contoh saja. 

Sedangkan, sistem penjualan dropship jauh lebih minim modal sebab kamu tidak perlu menyediakan produk dan melakukan pengiriman barang. Semuanya sudah menjadi tanggung jawab dari produsen atau penjual. Sebagai dropship, kamu hanya harus membantu memasarkan produk. 

Apabila terdapat pelanggan yang membeli produk dari iklan yang sudah kamu pasang, maka kamu bisa memperoleh komisi dari penjualan tersebut. Apabila dibandingkan dengan mempunyai bisnis online sendiri, menjadi dropship atau reseller tidak dapat memberikan keuntungan yang terlalu besar. 

4. Tidak memerlukan lahan usaha 

Hal menguntungkan lainnya yaitu saat kamu memutuskan untuk berbisnis secara online yaitu tidak harus menyiapkan lahan bisnis seperti toko online. Kamu hanya perlu memanfaatkan akun sosial media dan marketplace menjadi tempat untuk melangsungkan transaksi. 

Kamu juga bisa mengoperasikan atau mengelola toko dari mana saja, baik saat kamu sedang bersantai di rumah maupun sedang berlibur ke luar kota. Keunggulan ini yang membuat banyak orang tergiur untuk membuka toko online. 

5. Jam operasional lebih fleksibel 

Kegiatan di dunia digital tentunya berlangsung selama 24 jam penuh setiap harinya, tak terkecuali bisnis online. Oleh sebab itu, pelanggan tetap bisa melakukan transaksi kapanpun, bahkan saat tengah malam dan toko belum dibuka. 

Sehingga, pada pagi nanti, kamu bisa langsung memproses orderan dari para pelanggan yang sudah dipesan pada malam hari. Dengan demikian, kamu lebih dimudahkan dalam hal segalanya. 

6. Produk yang dijual lebih bervariasi 

Bisnis online menyediakan produk yang lebih bervariasi. Inilah alasan dan keunggulan bisnis online yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, pada satu toko, kamu juga bisa menjual produk peralatan rumah tangga, makanan, pakaian, kebutuhan harian sampai mainan anak, lho! 

7. Sistem otomatis 

Keunggulan terakhir yang menjadikan bisnis online ini banyak diminati yaitu berlangsung secara otomatis yang membuatnya sangat efisien. Kamu bisa memproses seluruh pesanan yang masuk sembari melayani para pelanggan secara langsung hanya di satu platform saja. Tentunya sangat praktis, bukan? 

Walaupun keunggulan bisnis online bisa dikatakan sangat banyak, bisnis ini pun tidak lebih terhadap sisi kekurangannya. Ini termasuk persaingan bisnis yang sangat ketat, kredibilitas yang biasanya diragukan oleh para pelanggan, dan bergantung dengan kecepatan akses internet. 

Baca juga: Cara Rekap Bon Hasil Usaha

Nah, itu dia sejumlah keuntungan membuka toko online di era digital ini yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan adanya ulasan di atas ini, kamu menjadi lebih mantap lagi untuk membuka toko online. Selamat mencoba, ya! 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =