Langkah-Langkah Memulai Berjualan di Shopee

Usaha online cenderung mudah untuk dilakukan siapa saja. Salah satunya platform e-commerce di Indonesia yaitu Shopee. Dan bagaimanakah langkah-langkah untuk bisa memulai berjualan di Shopee dan dengan cepat memperoleh pembeli? 

Untuk informasi, usaha online ini tidak memerlukan toko fisik, sehingga dapat dilakukan dengan modal sedikit. Banyak toko fisik dijalankan dari pelosok desa maupun perumahan. Untuk reseller, pelaku usaha hanya membutuhkan modal untuk membeli persediaan barang yang nantinya akan dijual. Bahkan untuk beberapa orang menjalankan usaha ini hampir tidak memakai modal jika menerapkan skema dropship. 

Berikut ini langkah berjualan di Shopee yang harus Anda ketahui. 

1. Buat Akun Shopee 

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun di aplikasi Shopee. Jika tidak mempunyai akun, maka Anda tidak dapat melakukan kegiatan jual beli. Bila sudah mempunyai akun, Anda dapat lanjut ke langkah kedua. Untuk mempunyai akun Shopee ini, Anda harus mempunyai email dan nomor ponsel yang aktif serta mengisi formulir pendaftaran akun secara lengkap. 

Selanjutnya, Anda akan diberikan email aktivasi atau SMS yang berisikan kode OTP. Gunakan kode OTP atau email tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran. 

2. Membuka Toko 

Setelah mempunyai akun, Anda dapat mulai untuk membuka sebuah toko. Caranya seperti ikut ini: 

  • Kunjungi situs Shopee pada peramban 
  • Plik “Jual” yang terdapat pada bagian kiri atas 
  • Lengkap profil toko seperti deskripsi, foto profil, nama, dan juga banner. 

Di tahap ini, Anda telah berhasil mempunyai toko di Shopee. Lalu, Anda harus mengatur alamat toko dan jasa pengiriman yang nantinya akan digunakan. Jangan lupa untuk mengatur rekening Bank agar bisa mencairkan penghasilan Anda. 

3. Mengunggah Produk 

Anda dapat mulai untuk mengunggah barang atau produk yang akan dijual. Lebih baik Anda menggunakan gambar yang memiliki kualitas terbaik untuk di unggah. Pastikan gambar yang digunakan bisa dilihat dengan jelas sehingga bisa menarik calon pembeli. 

Lengkapi detail produk yang Anda jual seperti jenis, nama produk, ukuran, deskripsi, merek dan lainnya. Shopee akan melakukan pemeriksaan produk yang akan dijual dalam waktu 1 hari kerja saja. 

4. Promosikan Produk 

Jika seluruh proses verifikasi Shopee sudah selesai, maka produk Anda sudah bisa terlihat di etalase toko. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mulai untuk promosi. Hal tersebut dilakukan supaya barang jualan Anda dilirik oleh calon konsumen. 

Setiap 4 jam sekali Shopee akan memberikan Anda kesempatan untuk menaikkan produk yang dijual. Selain itu, Anda juga dapat membagikan tautan toko dan produk lewat media sosial agar bisa meningkatkan penjualan. 

Strategi Jualan di Shopee untuk Pemula 

Cara jualan di Shopee juga harus dibarengi dengan strategi agar produk yang dijual bisa laris. Lebih baik Anda ikuti strategi berikut ini. 

1. Aktifkan Fitur Free Ongkir 

Shopee sudah menyediakan fitur gratis ongkos kirim dengan jumlah belanja minimal Rp 0, Rp 30.000, Rp 90.000 dan Rp 200.000. Gratis ongkir ini juga menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk menarik para pembeli. Lebih baik Anda langsung mengaktifkan fitur ini. 

Syarat yang dibutuhkan hanya foto KTP dan foto selfie memegang KTP. Jika pembeli memakai voucher gratis ongkir, Anda tidak perlu membayar ongkos kirim ke jasa ekspedisi. 

2. Perbanyak Produk 

Strategi selanjutnya yaitu dengan memperbanyak produk yang dijual. Semakin banyak produk di etalase Anda, maka bisa jadi akan mendatangkan banyak pembeli. Bila produk di toko Anda sedikit, cukup sulit untuk memperoleh pembeli. Anda tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengunggah produk, karena Shopee telah menyediakan fitur untuk mengunggah secara massal. 

3. Perbanyak Jumlah Pengikut Toko 

Fitur lainnya yang disediakan Shopee yaitu follower dan following seperti Instagram. Hal tersebut sangat berpengaruh untuk performa penjualan toko. Semakin banyak pengikut maka produk Anda akan laku dan toko Anda dikenal banyak orang. Untuk awal pembukaan toko lebih baik untuk fokus meningkatkan jumlah pengikut. 

4. Ikuti Program dari Shopee

Tidak hanya menyediakan fitur saja, Shopee juga menyediakan program atau event khusus untuk para penjual, seperti promo 9.9, flash sale dan lainnya. Flash sale ini adalah penjualan produk yang dilakukan dengan waktu yang singkat dan harga yang sudah di diskon besar-besaran. 

Program ini bisa dilihat oleh seluruh pengguna Shopee. Sehingga dengan mengikuti program ini dapat menjadi sebuah strategi yang tepat untuk mendatangkan para pembeli. 

5. Pilih Produk yang Banyak Dicari Konsumen

Strategi yang terakhir untuk bisa laris manis berjualan di Shopee yaitu mencari dan juga memilih produk yang banyak dicari oleh konsumen. Anda harus pintar membaca tren saat ini. Penjualan Anda bisa naik dengan pesat jika menjual produk yang sedang banyak dicari oleh orang-orang.

Bagikan artikel ini