Mengenal Apa Itu Bisnis Afiliasi dan Keuntungannya

Saat ini untuk mendapatkan banyak uang melalui internet sangat mudah, bahkan tidak memerlukan modal. Salah satu caranya yaitu dengan mendaftar program afiliasi. Saat ini afiliasi menjadi pekerjaan yang banyak diminati oleh kalangan mudah sebab mempunyai banyak keuntungan baik dari segi tempat kerja hingga waktu yang fleksibel. 

 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seluruh hal mengenai afiliasi. Mulai dengan definisi, cara kerja, keuntungan dan kerugiannya. Untuk Anda yang masih belum tahu tentang afiliasi, jangan khawatir. Sebab kita akan mengulas nya secara lengkap. Untuk itu, mari simak pembahasannya berikut ini. 

Definisi afiliasi 

Afiliasi merupakan salah satu pekerjaan yang bisa menghasilkan imbalan, bila Anda bisa membuat para calon konsumen membeli dan memakai barang tersebut. Untuk jumlah imbalan yang didapatkan tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan afiliasi. 

 

Lalu, dalam sebuah program afiliasi ini terdapat 3 pihak yang akan terlibat. Pertama yaitu pihak dari pemilik produk atau produsen, kedua yaitu orang yang mengikuti program afiliasi atau biasa dikenal dengan afiliator, ketika yaitu orang yang memakai produk dari produsen atau konsumen. 

 

Terdapat empat tahap dalam siklus cara kerja pada program afiliasi ini. Pertama, Anda harus mendaftar dalam program afiliasi ke perusahaan yang menyediakan program tersebut. Kedua, Anda harus mempromosikan produk dari perusahaan yang bekerjasama dengan afiliator. Selanjutnya, affiliator akan memberikan kode referal kepada pelanggan. Terakhir, Anda sebagai affiliator baru bisa memperoleh imbalan untuk penjualan produk yang sudah dilakukan. 

Keuntungan program afiliasi 

Setelah membahas pengertian dari afiliasi, berikutnya Anda harus mengetahui keuntungan apa saja yang bisa didapatkan saat mengikuti program afiliasi ini. 

  • Kerja di rumah 

Adanya pandemi ini membuat seluruh karyawan bekerja dari rumah atau kerja remote. Istilah populer tersebut biasanya dikenal dengan work from home. Afiliasi ini juga menjadi pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari rumah saja lho. Sehingga Anda tidak perlu selalu datang ke perusahaan atau kantor. 

 

Anda hanya perlu memberikan laporan tentang promosi dan kegiatan bisnis saja, para perusahaan afiliasi akan melakukan pengecekan secara rutin untuk hasil dari pekerjaan yang telah Anda lakukan. 

  • Modal yang sedikit

Berikutnya, pekerjaan hanya memerlukan modal yang sedikit saja. Namun, ada hal yang wajib Anda kuasai yaitu kemampuan yang baik untuk melakukan komunikasi dengan para konsumen. Lalu, mempunyai reputasi perilaku dan integritas yang baik. Jangan lupa untuk selalu sopan dan mampu berinteraksi dengan berbagai macam teknologi saat ini. 

 

Anda bisa mencoba mengikuti program ini jika memerlukan pekerjaan dengan modal yang sedikit. Tetapi, Anda harus kenali jenis-jenis perusahaan yang memberikan program tersebut. Pertama, perusahaan yang tidak mewajibkan pelamar untuk memiliki atau membeli produk tersebut dan kedua, perusahaan yang mewajibkan pelamar untuk memiliki atau membeli produk sebelum melaksanakan kegiatan promosi. 

 

Sebagai saran, Anda lebih baik memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sehingga, Anda bisa menjalankan program ini dan juga memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

  • Memperoleh pasif income 

Dengan mengikuti program ini Anda juga bisa memperoleh keuntungan dari segi pendapatan. Bila biasanya seorang karyawan bekerja di kantor untuk salah satu perusahaan saja, maka akan memperoleh penghasilan aktif. Pendapat ini didapatkan dari aktivitas dan hasil kerja nya saat berada di dalam kantor. 

Tetapi, jika Anda menjadi affiliator, Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa menghasilkan pasif income. Yang berarti, Anda tidak harus mengawasi kegiatan promosi produk di kantor atau di rumah setiap saat. Ketika Anda sedang tidur pun dapat memperoleh penghasilan dari penjualan jasa atau produk. 

  • Jam kerja yang fleksibel 

Waktu kerja dari affiliasi ini sangat fleksibel sebab tidak akan menuntut Anda untuk bekerja di jam kantor. Anda bisa melakukan kegiatan promosi setiap saat melalui sosial media yang Anda gunakan. Bila Anda menggunakan sosial media seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lainnya, Anda bisa menjalankan bisnis kapan saja. 

Kerugian program afiliasi 

  • Adanya iklan yang merugikan 

Saat pengunjung blog atau web melihat produk maupun jasa yang diiklankan, mereka akan lebih tertarik untuk berkunjung ke website utama dari perusahaan produk atau jasa tersebut. Sehingga, Anda tidak bisa memperoleh keuntungan. Hal tersebut bisa Anda temui saat mengikuti program afiliasi ini. 

  • Pendapatan sedikit dari produsen 

Anda akan mendapatkan imbalan lebih rendah dibanding dengan produsen. Selain itu, pelaku usaha yang menjadi pengiklan juga akan memperoleh imbalan yang lebih rendah daripada pemilik situs afiliasi. Hal tersebut terjadi karena pemilik situs mengeluarkan modal besar daripada pengiklan. 

  • Penghasilan yang tidak menentu

Saat mulai menggeluti bidang ini, Anda wajib memahami jika penghasilan yang akan didapatkan tidak menentu. Apabila bulan ini Anda memperoleh penghasilan yang banyak, bisa jadi Anda hanya memperoleh imbalan yang sedikit dan bahkan Anda tidak memperoleh imbalan sama sekali. 

Bagikan artikel ini