Tips dan Trik Jualan Laris di Shopee

Marketplace sekarang ini memang menjadi salah satu tempat jualan online yang menjanjikan. Dengan luasnya pemasaran bisa sampai ke seluruh daerah Indonesia, tentu saja ini kesempatan baik bagi Anda yang ingin mengembangkan jualan online. Salah satunya adalah Shopee. Adapun tips dan trik jualan laris di Shopee yang bisa Anda ikuti di bawah ini. 

Tips dan Trik Jualan Di Shopee Biar Laris 

Shopee sebagai salah satu marketplace yang besar di Indonesia memang sangat menarik sekali diikuti perkembangannya. Anda pun bisa memiliki kesempatan besar bisa sukses jualan di marketplace ini. Coba ikuti beberapa tips dan trik jualan laris di Shopee berikut ini: 

Menentukan target pasar 

Apabila Anda sudah memiliki produk yang sekiranya sudah siap dijual, lebih baik menentukan terlebih dahulu target pasarnya. Setidaknya Anda bisa tahu siapa yang membutuhkan dan menggunakan produk tersebut. Dalam menentukan target pasar, maka Anda harus riset dan survei terlebih dahulu. 

Misalnya Anda mencari tahu, kebanyakan yang menggunakan pria atau wanita, pada rentan umur berapa dan lain sebagainya. Setidaknya dengan memahami siapa sebenarnya target pasar, Anda bisa dengan mudah menjual produk. 

Pasang foto produk asli dan jelas 

Tips dan trik selanjutnya agar Anda bisa berjualan di Shopee laris adalah dengan memasang foto produk asli serta jelas. Orang akan lebih memilih foto yang asli, setidaknya tahu bahwa barang tersebut sudah siap kirim kapan saja. Kemudian, pastikan foto juga sangat jelas. Jangan sampai customer tidak bisa melihat dengan jelas produk yang dijual. Tidak ada salahnya foto di edit agar lebih menarik. 

Deskripsi produk harus jelas 

Selain foto yang menarik, selanjutnya Anda harus memastikan bahwa deskripsi produk sangatlah jelas. Misalnya Anda menjual sepatu anak-anak, tidak hanya ukuran sepatu saja, tapi juga dijelaskan berapa besarnya sesuai centimeter. Ini tentu saja akan memudahkan orang tua yang akan membeli sepatu anak agar tidak salah ukuran. 

Tidak hanya itu saja, Anda pun juga harus mendeskripsikan bahan, berat dan lain sebagainya. Setidaknya customer bisa tahu lebih jauh detail akan produk yang dijual. Sehingga ini pun akan memudahkan Anda untuk mengatur pesanan. 

Pasang harga bersaing 

Kemudian, Anda pun juga harus memasang harga yang bersaing. Jangan terlalu murah, karena murah sekarang tidak menjadi jaminan orang akan membeli. Tapi, juga jangan terlalu mahal karena tidak mungkin membeli barang tinggi nilai tapi sesuai dengan kualitas. Memasang harga yang bersaing bisa dengan cara riset terlebih dahulu. Cek harga dari kompetitor yang memasarkan barang yang sama. 

Aktifkan fitur promo 

Seperti yang Anda tahu bahwa Shopee dikenal dengan berbagai promo yang sangat menarik. Anda pun dapat mengaktifkannya jika ingin dagangan semakin laris. Aktifkan beberapa promo yang disediakan oleh Shopee, misalnya adalah promo toko, voucher diskon dan lain sebagainya. 

Dengan menggunakan cara tersebut, Anda akan sangat terbantu karena customer akan tertarik dengan berbagai penawaran yang ada. Apalagi jika Anda juga mengadakan gratis ongkir, dimana cara ini juga sangatlah ampuh untuk membuat pembeli check out barang yang Anda jual. 

Ikuti program flash sale 

Salah satu program yang diadakan oleh Shopee adalah flash sale. Dalam program ini sendiri pembeli dapat membeli barang yang mereka inginkan dengan harga yang lebih murah. Tentu saja ini akan menjadi salah satu keuntungan bagi Anda untuk meningkatkan penjualan dalam satu waktu. 

Event flash sale ini sendiri diadakan setiap bulan, dimana Anda dapat mengatur bagaimana agar banyak yang membeli di toko Anda.  Tidak hanya itu saja, dengan banyaknya yang membeli pada flash sale, Anda pun bisa meningkatkan performa toko sehingga bisa muncul pada pencarian pertama dalam kategori barang Anda. 

Selalu aktif 

Tips terakhir agar Anda bisa berjualan laris di Shopee adalah dengan selalu aktif. Karena ketika Anda selalu aktif, maka secara tidak langsung calon pembeli tahu bahwa akan menjawab pertanyaan dengan cepat. Karena dengan fast response juga akan memberikan performa yang baik untuk toko online. 

Toko Anda pun akan mendapatkan kepercayaan yang baik dari pelanggan. Kemungkinan besar mereka juga akan kembali order produk yang dijual. Pastikan Anda juga menerima komplain dengan baik agar pelanggan tidak akan lari lagi. Karena komunikasi adalah hal penting agar pelanggan mendapatkan kepuasan. 

Demikianlah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk bisa berjualan laris di Shopee. Sebenarnya sangatlah sederhana, selama Anda bisa memanfaatkan seluruh fitur yang telah disediakan dan menjadi penjual yang ramah serta memberikan pelayanan terbaik. Apabila perlu pasang saja iklan di Shopee karena cara ini juga dapat mendongkrak penjualan secara signifikan.

Bagikan artikel ini