Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar yang Patut Dicoba

bisnis online tanpa modal

Bisnis online merupakan salah satu jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Namun, terkadang modal usaha menjadi kendala yang cukup krusial bagi para pemula yang akan merintis bisnis online shop tersebut. Hal ini terjadi karena para pemula takut untuk meminjam modal untuk bisnis yang akan dijalankan.

Tetapi banyak juga kasus pebisnis yang memulai usaha tanpa modal kini usaha mereka telah berhasil. Bahkan memiliki pelanggan tetap dan ada juga yang memiliki  brand sendiri. Ada beberapa ide bisnis online yang bisa dijalankan untuk para pelajar bisnis online. Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

1. Bisnis Dropshipper

Dropshipper merupakan salah satu bisnis online dimana agen perantara yang secara sederhananya memiliki tugas dalam menyampaikan pesanan kembali ke supplier. Jika menjadi seorang dropshipper, sebaiknya Anda perlu menentukan sektor usaha mana yang ingin Anda tekuni.

Untuk Anda yang baru memulai bisnis ini, mulailah dari skala kecil dengan berfokus pada satu sektor bisnis. Dalam bisnis ini, tugas Anda hanya tinggal melakukan promosi karena prose produksi ini akan dilakukan oleh suppliernya. Sehingga hal ini yang membuat bisnis dropshipping tidak memerlukan modal.

2. Bisnis Jasa Titip Online

Bisnis jasa titip online ini juga jenis bisnis yang tidak memerlukan modal karena memiliki sistem pre order. Cara kerja dari sistem pre order ini yaitu Anda menawarkan jasa titip melalui media sosial dengan memperlihatkan produk yang akan dikirim.

Anda pun juga bisa memberikan kebebasan kepada para calon pembeli untuk secara spesifik memesan barang yang diperlukan dan diinginkan. Skala bisnis ini sendiri yaitu beragam, mulai dari jasa titip produk antar kota bahkan sampai antarnegara juga.

3. Bisnis dengan Menggunakan Sistem Pre Order

Bisnis online yang menggunakan sistem pre order ini dapat memudahkan Anda sebagai penjual untuk memperkirakan jumlah calon pembeli produk Anda sebelum melakukan proses produksi. Sistem ini juga memudahkan Anda untuk mendapatkan uang muka sehingga tidak memerlukan modal produksi.

Tetapi, ada beberapa kasus bisnis online yang langsung meminta pembayaran penuh di awal pemesanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam menyiapkan biaya produksi produk Anda.

4. Jualan Paket Data dan Pulsa

Bisnis paket data dan pulsa ini dapat dijalankan secara fleksibel, bahkan tidak perlu menyisihkan waktu yang dapat mengganggu aktivitas belajar. Untuk Anda yang ingin memulai terjun ke bisnis ini, Anda perlu menyiapkan saldo pulsa serta akun distributor yang sudah terintegrasi dengan server pilihan.

Target konsumen dari bisnis ini yaitu bisa berasal dari teman satu sekolah, teman main, tetangga dan bahkan keluarga sendiri. namun, jika ingin menjangkau konsumen yang lebih luas Anda bisa memulai dengan membuat website promosi dan menjalankan akun sosial media untuk menarik pelanggan.

Selain terdapat ide-ide bisnis online yang dapat dilakukan oleh pelajar, adapun cara dan proses yang perlu dilakukan oleh Anda seorang pemula dalam berbisnis. Berikut adalah cara dan proses yang perlu Anda lakukan dalam memulai bisnis online.

  1. Memulai dengan mindset bisnis online yang benar.
  2. Menentukan siapa yang menjadi target market Anda.
  3. Menentukan model bisnis yang tepat.
  4. Menyiapkan produk atau layanan yang akan ditawarkan.
  5. Membuat website/landing page/katalog
  6. Mendatangkan traffic konsumen.

Nah, itulah penjelasan mengenai bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang patut dicoba. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Untuk informasi lainnya Anda bisa mengunjungi laman sgknox.com. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini