Cara Menanggapi Pembeli yang Rese di WhatsApp

whatsapp

Sebagai seorang yang bergerak dalam bisnis online, komplain sebenarnya adalah hal yang wajar. Apalagi komplain dari pelanggan adalah salah satu hal yang sangat bagus, agar Anda bisa menjadi pemilik bisnis online yang semakin maju dan bijak. 

Tapi, kalau mendapatkan komplain yang terkesan agak rese, bagaimana? Terlebih kalau sampai di chat di Whatsapp, apa yang bisa dilakukan? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menanggapi pembeli yang agar rese. Ikuti pembahasannya berikut ini, ya. 

Cara Mengatasi Pembeli Rese di WhatsApp 

Mengatasi pembeli yang agak rese sebenarnya tidaklah sulit, karena yang paling penting adalah sikap Anda. Berikut ini adalah cara mengatas para pembeli yang rese di aplikasi WhatsApp: 

1, Dengarkan saja 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mendengarkan saja terlebih dahulu. Tanyakan saja apa masalah atau keinginan dari pembeli tersebut. Walaupun Anda sudah memberikan yang terbaik dan banyak yang puas dengan produk jualan, tapi belum tentu seluruh pelanggan akan suka. 

Jadi, dengarkan saja terlebih dahulu apa yang ingin dikatakan oleh pelanggan. Apabila agak kasar, maka Anda tetap harus bijak. Karena bisa saja ada kesalahan yang sudah Anda lakukan. Pastikan saja, pembeli mengutarakan keluhan dan keinginannya. 

2, Sampaikan dengan jelas rasa empati 

Ketika pelanggan sudah selesai menyatakan keluhan, maka Anda jangan membalas perkataannya. Cukup tunjukan saja rasa empat, misalnya adalah dengan meminta maaf. Jangan sekalipun Anda membela diri, karena jika Anda berargumen yang ada malah akan ada masalah tambahan yang akan terjadi. 

Jadi, terima saja dan katakan Anda meminta maaf dan akan membantu pembeli agar mendapatkan hak yang diminta. Ketika Anda sudah mengatakan maaf, biasanya pelanggan akan mengerti dan juga percaya bahwa Anda akan membantu menyelesaikan masalah. 

3, Bertanggung jawab 

Jika memang ternyata Anda yang melakukan kesalahan, maka jangan pernah ragu untuk bertanggung jawab. Katakan bahwa Anda akan mengambil tindakan baik itu dengan mengganti dengan produk baru atau juga mengembalikan uang. Selama itu memang terbukti kesalahan Anda, jangan pernah lari. Karena jika Anda lakukan, maka bisnis yang Anda bangun bisa hancur. 

4. Tetap tenang 

Ketika ada pelanggan yang rese dan mengatakan keluhan dengan cara yang mungkin tidak enak, maka Anda jangan panik. Usahakan tetap tenang. Anda bisa membaca lagi dengan poin pertama. Dimana hanya perlu mendengar terlebih dahulu baru bisa mengeksekusi solusi yang sekiranya bisa membantu pelanggan. 

Jangan pernah Anda mengatasi pelanggan dengan perasaan emosi. Karena ini tidak akan menyelesaikan masalah. Jika emosi yang Anda kedepankan, maka sudah pasti akan ada masalah lagi kedepannya. Bahkan bisa saja Anda akan mendapatkan penilaian jelek. 

5. Berikan solusi 

Hal ini tadi sudah disebutkan sebelumnya bahwa Anda lebih baik memberikan solusi dengan cepat serta tepat. Pastikan bahwa solusi yang Anda berikan bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan. Apabila solusi yang Anda berikan bisa diterima pelanggan, maka 100% pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan tersebut. 

6. Berikan bonus 

Tidak ada salahnya Anda memberikan bonus kepada pelanggan. Hal ini bisa mengobati kekecewaan pembeli dan mereka pun bisa meningkatkan kepercayaan kepada toko online yang Anda jalankan. Mungkin Anda dapat memberikan souvenir khusus atau produk tambahan yang sekiranya bisa memberikan rasa puas kepada pelanggan. 

Walaupun terkadang sikap dari pelanggan menyebalkan, tapi Anda tetap harus sabar dan tenang dalam menghadapinya. Karena tanpa pelanggan, sudah jelas bisnis Anda tidak akan berjalan seperti sekarang. 

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Ada Keluhan 

Jika sudah mendapatkan keluhan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisnis bisa berkembang lebih jauh lagi. Berikut ini adalah penjelasannya: 

1. Evaluasi 

Keluhan yang Anda dapatkan jangan terlalu diambil hati dan jadikanlah keluhan tersebut sebagai bahan evaluasi. Dengan mengevaluasi layanan, maka Anda bisa memberikan yang terbaik bagi seluruh pembeli. Carilah solusi yang tepat agar bisa menyelesaikan masalah yang sering terjadi. Sehingga kedepannya bisnis pun dapat semakin maju dan menjadi lebih baik. 

2. Lakukanlah briefing kepada karyawan 

Jika bisnis yang Anda jalankan sudah memiliki karyawan, maka lakukanlah briefing. Sampaikanlah masalah yang sudah terjadi kepada karyawan dan berikan masukan agar mereka dapat bekerja dengan lebih baik lagi. Tapi, Anda jangan memberikan masukan dengan marah-marah. Berikanlah masukan yang baik agar karyawan pun bisa dengan tenang bekerja dan berkembang dengan perusahaan. 

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa mengatasi pembeli yang agak rese. Hal paling penting adalah Anda harus bijak dan jangan pernah membalas perkataan kasar dari pelanggan. Meskipun kesal, bisa jadi inilah adala teguran agar Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi. 

Bagikan artikel ini