Cara Menyikapi Orderan yang Tiba-tiba Menurun

Bagi pelaku usaha pastinya menginginkan jika bisnisnya bisa berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil atau keuntungan yang maksimal. Tetapi pada praktiknya tidaklah selalu sama seperti yang sudah direncanakan.

Belum lagi dunia bisnis terkenal dengan sifat dinamisnya, dimana ada kalanya bisa memperoleh untung besar. Namun, terkadang para pelaku bisnis dapat memperoleh kesialan seperti pelanggan yang semakin lama akan berkurang.

Mengapa orderan sepi

Permasalahan tentang sepinya pelanggan di dalam suatu usaha sebenarnya merupakan hal yang biasa. Ini juga bisa menjadi sebuah tantangan bagi para pemilik usaha, baik UMKM maupun perusahaan besar agar dapat lebih berusaha lagi.

Hal yang paling penting adalah Anda harus tahu terlebih dahulu apa yang menjadikan usaha Anda sepi pelanggan, berikut dibawah ini adalah alasan paling umum :

Terlalu banyak saingan

Penyebab utama biasanya adalah persaingan yang tinggi pada bidang maupun jenis produk tersebut. Kompetisi bisnis yang kian ketat, mengharuskan calon pelanggan untuk selalu mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Karenanya, sebagai seorang pebisnis Anda dituntut untuk bisa menciptakan sebuah produk yang memiliki nilai lebih dan berbeda dari produk-produk sejenis. Sehingga para calon pelanggan menjadi tertarik untuk mencoba dan membelinya.

Strategi pemasaran yang dibuat kurang maksimal

Selanjutnya adalah kurang maksimal pada strategi pemasaran. Karena pada nyatanya, setiap orang yang berdagang akan selalu menawarkan atau mempromosikan produk yang dijualnya setiap hari tanpa ada jeda.

Jadi, bila usaha Anda sepi. Maka evaluasilah kembali bagaimana cara pemasarannya, apakah sudah maksimal atau masih malas-malasan. Jangan karena bisnismu sudah banyak yang kenal, lalu mengabaikan pemasaran.

Kualitas dari produk

Selalu upayakan jika kualitas produk ciptaan Anda dengan mengguakan bahan bermutu tinggi, jangan pernah mencoba untuk menurunkan kualitas produk. Karena ini dapat membuat pelanggan Anda memilih ke tetangga sebelah.

Pelayanan terhadap pelanggan

Ini sebenarnya merupakan faktor penting setelah masalah saingan, bersikaplah ramah dan sopan ketika melayani konsumen. Karena bila Anda tidak ramah dan selalu menjawab respon konsumen dengan ketus, bisa dipastikan jika usaha yang telah Anda rintis tersebut akan jatuh.

Tips untuk mengatasi orderan yang menurun

Jika Anda merupakan seorang pelaku bisnis, baik offline maupun online. Tentunya pernah mengalami yang namanya sepi order atau pembeli yang berkurang, kebanyakan pastiĀ  akan merasa pesimis dan menjadi over thinking.

Berikut dibawah ini adalah tips bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut :

Fokus untuk menganalisa, memperbaiki dan juga mengamati

Dalam perjalanannya, setiap bisnis pasti pernah mengalami pasang surut. Apalagi untuk bisnis-bisnis yang masih baru dirintis. Karenanya Anda harus selalu mengamati bagaimana produk tersebut dipasaran.

Apakah sudah tepat targetnya, bagaimana pelayanannya dan semudah apa pelanggan bisa mendapatkannya. Kemudian analisislah, mana yang harus diperbaiki secara cepat mana yang tidak. Selanjutnya adalah dengan segera memperbaiki hal-hal yang salah secara optimal sehingga dapat menjaring konsumen lebih banyak.

Selalu mengupdate produk menjadi kreatif dan variatif

Normalnya para konsumen lebih suka bila mereka dapat memilih produk yang mempunyai banyak variant. Dengan begitu konsumen dapat mencoba satu per satu, sehingga tidak mudah bosan dan selalu penasaran bagaimana dengan variant yang lainnya.

Selain itu dengan ada begitu banyak pilihan, pelanggan akan selalu mengikuti perkembangan dari toko yang Anda miliki. Mereka akan menunggu hadirnya produk-produk baru, karena penasaran dengan variant yang dikeluarkan.

Harus berani tampil unik dan beda

Jika Anda bergerak dibidang fashion, maka cobakah menciptakan satu hal yang berbeda dan memiliki kesan unik juga menarik. Jika biasanya Anda menjual produk yang sama dengan toko sebelah, maka kali ini cobalah untuk menambahkan produk lain.

Misalnya produk-produk handmade dari desa-desa wisata yang pasti memiliki ciri khas tersendiri, atau benda retro, etnik dan lainnya. Tidak perlu takut tidak laku, karena setiap produk pasti memiliki peminatnya sendiri-sendiri.

Berikanlah reward dan bonus untuk pelanggan

Anda memiliki pelanggan setia? Pernahkah terpikirkan untuk memberikannya reward ataupun bonus yang bisa membuat sang pelanggan tetap setia dengan produk yang Anda luncurkan?

Caranya sendiri cukup simple, Anda bisa mengadakan giveaway atau memberikan bonus berupa produk tertentu bila para pelanggan membeli produk tertentu dengan minimal order. Namun, sebelum melakukan program ini, pastikan Anda dan juga tim telah melakukan perhitungan guna menghindari kekerugian.

Lakukan pemasaran baik secara online dan offline, karena sama pentingnya

Walaupun Anda menjalankan bisnis online, namun bukan berarti tidak dapat melakukan pemasaran manual. Baik pemasaran offline atau online tetap harus dilakukan secara bersamaan guna memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi. Untuk pemasaran online, Anda dapat melakukan promosi seperti pada umumnya.

Yaitu melakui media online seperti sosial media, e-commerce, hingga website. Kemudian pemasaran offline, dapat dilakukan dengan memberikan kartu nama, brosur mini atau katalog yang nantinya bisa Anda selipkan pada paket orderan atau saat Anda bertemu teman maupun keluarga tinggal diberikan kepada mereka.

Bagikan artikel ini