Deretan Aplikasi Pencatatan Arus Kas Terbaik yang Cocok Untuk Bisnis

Untuk mengoperasikan sebuah bisnis, Anda harus mencatat keuangan bisnis Anda. Agar memudahkan Anda dalam mencatat keuangan bisnis Anda dapat menggunakan aplikasi yang mendukung pembukuan. Aplikasi akuntansi dibutuhkan oleh para pebisnis untuk memaksimalkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencatat masalah keuangan secara detail. Bahkan, Anda bisa melakukannya secara manual saat menyimpan buku. Namun mengingat pebisnis online memiliki banyak hal yang harus diurus, hal itu akan menimbulkan masalah bagi Anda. Banyak aplikasi akuntansi gratis dan berbayar yang tersedia di internet. Tentu saja terdapat perbedaan opsi yang sangat jelas pada keduanya. Tetapi untuk  hasil yang terbaik, Anda tidak perlu khawatir dalam mengeluarkan uang. Anda bisa menyesuaikan keperluan Anda dengan dana berbeda pada setiap aplikasi.

1. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah sebuah software akuntansi yang sejak lama terkenal di kalangan pebisnis mulai tahun 1996. Zahir membantu pengusaha dan pengusaha membantu Anda secara  mudah, cepat serta akurat mendukung catatan keuangan bisnis mereka. Zahir Accounting dipakai banyak dari 30.000 UKM hingga 50.000 pemakainya (user/lisensi) di dalam hingga luar negeri. Karena Zahir digunakan oleh berbagai orang dari negara yang berbeda, zahir memiliki fitur bahasa indonesia dan inggris sehingga memudahkan penggunanya. Zahir sendiri mempunyai beragam fitur yang memungkinkan pebisnis mengelola usahanya secara langsung, baik dari penjualan hingga invoice, pembelian, sampai inventaris.

2. Moota 

Aplikasi ini merupakan aplikasi mutasi dan cek saldo yang mengambil mutasi rekening  dari rekening iBanking Anda. Moota akan berguna untuk para pebisnis yang mau mengecek fluktuasi dana tanpa masuk ke segala jenis bank elektronik. Banyak fitur  disediakan oleh moota, seperti transaksi cek, notifikasi deposit, ekspor data transaksi,  dan akun bank unlimited. Moota juga mempunyai layanan API akan memungkinkan Anda dalam menghubungkan aplikasi ini dengan pengaturan web Anda jika ingin membuat validasi data transaksi akan simple dan otomatis.

3. Bukuwarung 

Selanjutnya Aplikasi yang dapat Anda coba adalah Buku Warung. Buku Warung merupakan aplikasi yang dapat dilakukan dengan mudah oleh para pebisnis mulai dari hutang dagang hingga manajemen cadangan dan akuntansi. Fitur-fitur yang disediakan oleh Buku Warung gratis alias gratis! Ini pas bagi Anda yang memulai mau memulai bisnis namun tidak memiliki anggaran khusus dalam pemakaian alat dan aplikasi.

4. Teman bisnis 

Friends of Business merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pengusaha Indonesia guna menulis dan mengevaluasi kerja keuangan mereka. Teman bisnis ini mudah sekali dipakai bahkan apabila Anda baru mengetahui manajemen keuangan. Teman Bisnis mempunyai banyak fungsi contohnya pencatatan transaksi, pelaporan hutang piotang, serta manajemen persediaan.

5. Akuntansi Keuangan 

Selain itu, Aplikasi Akuntansi Keuangan tersedia gratis di Android dan iOS. fungsi yang tersedia (misalnya Catatan keuangan yang memiliki bentuk seperti buku. Oleh karena itu,  aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memilih jurnal, buku besar, neraca, laporan laba rugi, dll. Aplikasi ini mengelola keuangan pribadi Anda. Lebih baik jika Anda melakukan bisnis daripada melakukannya.

6. Freshbook 

Freshbooks merupakan software akuntansi. Freshbooks dioperasikan oleh 2nd Site Inc. Freshbook dapat digunakan pada berbagai jenis UMKM. Fitur pada aplikasi ini berfungsi sebagai pengingat faktur otomatis guna mengumpulkan pembayaran.

7. Bukukas 

BukuKas merupakan aplikasi pelaporan keuangan gratis. Aplikasi ini sudah dipakai oleh banyak dari 5 juta pebisnis kecil maupun menengah di Indonesia. Selain itu, BukuKas membantu banyak pebisnis mencatat dan mengelola arus kas. Aplikasi BukuKas mempunyai kemampuan dalam  mencatat transaksi, menghasilkan catatan keuangan, dan membuat serta menagih kewajiban. Anda juga bisa mengirim uang namun tidak perlu membebankan biaya admin dari bank.

8. Finansialku

Finansialku merupakan aplikasi keuangan untuk mempermudah Anda dalam mengatur dan membuat laporan keuangan, mengatur keuangan Anda, hingga mencapai tujuan finansial Anda. Finansialku merupakan satu-satunya jenis aplikasi keuangan yang memberikan layanan konsultasi  online yang dilengkapi dengan CFP atau Certified Financial Planners (Perencana Keuangan Bersertifikat).

Sebagai seorang pengusaha, menggunakan aplikasi akuntansi menawarkan banyak kelebihan yang tidak dapat Anda dapatkan melalui berbagai aktivitas pengaturan keuangan degan cara manual. Aplikasi akuntansi dapat bermanfaat untuk: 

1. Pahami status keuangan bisnis Anda 

Melalui penggunaan aplikasi akuntansi, Anda bisa mendapatkan detail keadaan keuangan bisnis Anda secara langsung. Anda tidak harus menghitung ulang jika ingin memahami semuanya. 

2. Mudah dipantau 

Dengan memakai aplikasi akuntansi, Anda bebas memantau keuangan Anda. Keunggulan ini membuat Anda untuk memantau laporan keuangan Anda dari mana saja. Anda tidak harus khawatir membuang waktu untuk mengecek laporan keuangan Anda.

 3. Evaluasi Kinerja yang Lebih Mudah

Saat Anda menjalankan bisnis, Anda perlu mengevaluasi agar segala sesuatunya berjalan sebagaimana mestinya. Anda akan lebih mudah mengevaluasi pekerjaan Anda dengan laporan yang dapat Anda tinjau secara waktu nyata.

Bagikan artikel ini